Green Caramel Apples

Selasa, 30 November 2010

Penyelesaian Masalah dan Konflik Dalam Berorganisasi

Tugas 5

Penyelesaian Masalah dan Konflik Dalam Berorganisasi

Dalam suatu organisasi,pasti selalu ada suatu permasalahan atau sebuah konflik.Entah itu konflik kecil atau bahkan besar sekalipun.Namun,setiap ada suatu permasalahan,pasti ada solusi di dalamnya,Tinggal bagaimanan kita sebagai individu yang bijak dapat mengatasinya.
Waktu saya berorganisasi,kami biasa menyelesaikan masalah tersebut dengan yang pertama sekali mengumpulkan seluruh anggota yang terlibat di dalamnya.Setelah itu klarifikasi masalah yang ada,apakah sesuai dengan apa yang sedang terjadi pada saat itu atau tidak.Selanjutnya dengan hati dan pikiran yang tenang,kami mulai membahasnya.kami dengarkan pendapat seluruh anggota yang ada.Semua sumbangan pemikirin itu kami satukan untuk di jadikan suatu konsep problem solving.
Menyelesaikan masalah dalam suatu organisasi memang bukan suatu perkara yang mudah.Banyak hal-hal yang harus kita pertimbangkan.terlebih jika itu menyangkut masalah internal dalam organisai itu.Di perlukan suatu jiwa dan pemikiran yang bijak dan sabar.
Pendapat yang muncul pun,mustahil semuanya sama.Oleh sebab itu kita harus dapat memilahnya dengan baik.
Dalam kehidupan suatu organisasi, sering ditemui adanya perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan, perbedaan cara mencapai tujuan,maupun konflik antar anggota organisasi yang bersangkutan. Disamping itu, dalam skala yang lebih luas, organisasi tidak jarang menghadapi berbagai kondisi kurang menguntungkan seperti : adanyahambatan dalam proses pelaksanaan kegiatan, kebingungan dalam menentukan arah dan misinya, kegagalan merealisasikan rencana yang telahdisusun, kesalahan dalam mengantisipasi suatu fenomena, dan sebagainya.
Adanya suatu permasalahan memang tidak bisa dihindari, namun yang jelas bahwa masalah tersebut harus dihadapi dengan sikap-sikap positif dantindakan kreatif, sehingga tidak akan mengganggu jalannya organisasi. Sebab, suatu masalah biasanya akan menjadi semacam “kanker” yang akan semakin mengganas jika dibiarkan saja tanpa upaya pencegahan dan pengobatan. Oleh karena itu, dalamrangka memecahkan timbulnya masalah, perlu dilakukan suatu upaya strategis, yakni pengambilan keputusan.

Apapun jenis masalah yang ada,kita tidak boleh meninggalkannya begitu saja.seberat apapun masalah tersebut,kita selalu berusaha untuk menyelesaikan dengan maksimal.Bermodal kemampuan yang di miliki oleh semua annota tersebut,bukan tidak mungkin.Bahwa apapun dan bagaimanapun masalh tersebut,pasti dapat terselesaikan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar