Green Caramel Apples

Minggu, 04 Maret 2012

Kemampuan Hard Skill dalam Dunia Kerja



Tema      : Hard Skill

I.     Latar Belakang
Dunia kerja saat ini menginginkan para tenaga kerjanya untuk memiliki kombinasi hardskill dan softskill yang baik.Karena keseimbangan dari pertumbuhan hardskill dan softskill akan membuat kita mengalami sukses lebih cepat dan lebih jauh dari kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu faktor tersebut. Perpaduan antara hardskill dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas bisnis di masa depan.Hal ini dapat memberikan efek yang jauh lebih baik,tidak hanya bagi diri kita sendiri tetapi juga bagi instansi perusahaan tempat kita bekerja.
II.     Isi
Untuk bisa bersaing di dunia kerja, seseorang harus memiliki serangkaian skill. Tulisan singkat ini sekedar untuk menyegarkan ingatan Anda tentang apa itu hardskill dan softskill.
Pengertian
  • Hardskill adalah keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Contoh: insinyur mekanik membutuhkan keterampilan bekerja dg permesinan, programmer harus menguasai teknik pemrograman dg bahasa tertentu.
  • Hardskill adalah suatu kemampuan seseorang dalam ilmu pengetauan / akademik yang dipelajari.Dengan adanya hardskill maka manusia pun akan memiliki wawasan ilmu pengetahuan.Di dalam pekerjaan tidak menutup kemungkinan bahwa hard skill juga diperlukan karena pekerja yang berwawasan ilmu yanga baik akan menguntungkan sekali untuk perusahaan yang bersangkutan.
  • Selain itu hard skill juga berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill.
Penerapan Hard Skill di Beberapa Bidang
Cara melatih kemampuan
Kemampuan ini biasa dipelajari di sekolah atau universitas yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual yang berhubungan dengan Newsletter KAP Syarief Basir dan Rekan, Edisi : VII/Julii 2011 1subyek yang dipelajari. Misalnya, seorang mahasiswa belajar akuntansi dengan harapan bahwa setelah belajar akuntansi dia bisa membuat laporan keuangan.  Hard skill bisa diukur dengan melakukan tes yang ada hubungannya dengan bidang yang dipelajari. Bisa dikatakan bahwa hard skill bersifak kasat mata atau nyata.
  1. Saran / kesimpulan
Organisasilah yang bisa membentuk seseorang bisa memiliki kemampuan-kemampuan tersebut,apakah kita memiliki kemampuan-kemampuan tersebut ?Belajar dan belajar itulah jawabannya dan yang paling penting percaya pada kata“PROSES”.Karena kemampuan apapun yang ada dalam kita kita,langkah awalnya adalah ingin belajar dan kita akan melalui banyak proses dalam serangkaian pembelajaran tersebut.

Sumber    :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar