Mengintip Head up Display System
Teknologi Canggih Masa Kini dan Mendatang
Google
kabarnya sedang mengembangkan sebuah kacamata yang dapat menampilkan informasi
real time dari internet. Kacamata ini dinamakan Google Glasses, yang berfungsi
seperti kacamata Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator. Gadget ini dapat
menampilkan data dan informasi yang diinginkan di layar kacamatanya.
Intinya,
kacamata pintar dan futuristik ini nantinya mampu menyajikan semua layanan yang
dapat diberikan oleh sebuah smartphone, seperti berselancar di internet atau
melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pesan teks atau email tanpa mengangkat
jari.
Senada
dengan produk tersebut, Lumus bahkan sudah mengeluarkan produk yang dinamakan
Lumus OE-31. Lumus OE-31 merupakan sebuah layar tembus pandang yang bisa
dikenakan ke segala jenis perlengkapan mulai dari kacamata, helm, kacamata ski
dan lainnya. Dengan memasang Lumus OE-31 yang tersambung ke ponsel maka Anda
bisa melihat pesan masuk, email atau lainnya di layar kecil ini tanpa harus
melihat ponsel! Keren kan?!
Sementara
itu, General Motors alias GM tengah mengembangkan teknologi proyeksi kaca depan
mobil berbasis sinar laser. Dengan teknologi ini pengemudi tak akan lagi
menemukan kendala penglihatan pada kondisi gelap, hujan bahkan berkabut
sekalipun. Inovasi yang menurut GM tak akan lama lagi diproduksi ini, memiliki
dampak besar pada keselamatan karena mampu memandu pengemudi saat berada di
jalan bahkan dalam kondisi hampir mustahil untuk melihat dengan mata telanjang.
Kesemua
gadget itu ternyata memanfaatkan teknologi yang dinamakan ‘head-up
display system’. Head-up display system atau biasa disingkat HUD system,
adalah setiap tampilan yang transparan yang menyajikan data dimana penggunanya
tidak perlu melihat dari sudut pandang yang biasa. Sebenarnya apa itu ‘head-up
display system’ dan bagaimana cara kerjanya? Berikut uraiannya.
Sejarah
HUD System
HUD
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi
reflektif gunsight pada perang dunia ke dua. Saat itu, tampilan dihasilkan dari
sumber listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan proyektor itu
biasanya dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pandang
pilot yaitu antara kaca depan dan pilot itu sendiri.
Sebagai
contoh adalah sistem proyektor dari angkatan udara Inggris Mrk Radar VIII.
Layar radar diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan cakrawala buatan
yang memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa mengalihkan mata
mereka dari kaca depan. Pada tahun 1950-an, gambar dari reflektif gunsight
diproyeksikan ke sebuah CRT (Cathode Ray Tube) yang dikendalikan oleh komputer
yang terdapat pada pesawat.
Hal
inilah yang menandai kelahiran teknologi HUD modern. Komputer mampu
mengkompensasi akurasi dan menyesuaikan tujuan dari kursos secara otomatis
terhadap faktor, seperti range, daya percepatan, tembakan peluru, pendekatan
target, G-load, dan lain-lain. Pada tahun 1960-an, HUD digunakan secara
ekstensif dalam melakukan pendaratan. HUD menyediakan data-data penerbangan
penting kepada pilot, sehingga pilot tidak perlu melihat peralatan pada bagian
dalam dari panel.
HUD
teknologi terus berkembang, dan sekarang dapat menyediakan pilot data
imaginable yang paling akurat dan up-to-date. Beberapa HUD adalah termasuk
sistem penglihatan sintetis, yang menampilkan penggambaran dari suatu lansekap.
Dengan sebuah SVS, pilot dapat melihat seperti apa daerah ini di sekelilingnya,
bahkan di tengah malam.
Pada
dasarnya, seorang pilot memiliki segala yang dia butuhkan tepat di depan matanya,
memungkinkan dia untuk menganalisis medan yang seharusnya dapat terlihat oleh
dia, dengan cepat mengukur kemampuan, dan selalu menyadari posisinya di langit.
Dengan dimasukkannya teknologi HUD ke dalam sebagian besar pesawat militer AS,
pilot akan dapat membuat keputusan yang akurat dan cepat selama skenario
pertempuran.
Selain
pada pesawat, HUD system juga sudah mulai digunakan pada ponsel, mobil dan
aplikasi lainnya. BMW merupakan pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan
produk massal dengan teknologi HUD pada kaca depannya. Teknologi ini tak hanya
memberi kenyamanan bagi pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara.
HUD
terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk
menghasilkan gambar. Generasi pertama menggunakan CRT (Cathode Ray Tube) untuk
menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor. Generasi pertama ini memiliki
kelemahan degradasi dari waktu ke waktu pada lapisan layar fosfor. Mayoritas
HUD system yang ada saat ini adalah dari jenis ini. Generasi kedua menggunakan
sumber cahaya padat semacam LED, yang dimodulasi oleh sebuah layar LCD (Liquid
Crystal Display) untuk menampilkan gambar. Sedangkan generasi ketiga
menggunakan ‘waveguides optic’ untuk menghasilkan gambar secara langsung ke
dalam elemen optik kaca bening (combiner) daripada menggunakan sistem proyeksi.
Keunggulan
HUD System
Layar
HUD sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Daya yang dibutuhkan jauh lebih
kecil daripada layar LCD yang umumnya digunakan dalam perangkat mobile saat
ini. Sebuah head-up display menggunakan sekitar satu mikrowatt power. Head-up
display menampilkan gambar proyek langsung ke retina, mereka menghasilkan
gambar yang tajam dan jelas terlepas dari kondisi pencahayaan eksternal.
Head-up display hanya memakai sebagian kecil perangkat keras dari perangkat
layar konvensional, sehingga memungkinkan perangkat mobile menjadi lebih ringan
dan elegan, seperti permintaan pasar elektronik saat ini. Dengan keunggulan
tersebut, Head-up display sangat berpotensi kuat untuk menggantikan layar LCD
di ponsel, tablet, game portabel, atau bahkan laptop.
Faktor
Perancangan Head-Up Display System
Ada
beberapa macam faktor yang mempengaruhi perancangan sebuah HUD :
1.
Bidang penglihatan
Karena
mata seseorang berada di dua titik berbeda, mereka melihat dua gambar yang
berbeda. Seperti diketahui layar adalah bersifat ‘Collimated’ (difokuskan pada
tak terhingga). Untuk mencegah mata seseorang dari keharusan untuk mengubah
fokus antara dunia luar dan layar HUD, maka HUD menggabungkan dua dunia tersebut
dengan memproyeksikan informasi ke layar transparan yang memungkinkan pengguna
untuk membaca semua informasi penting selagi menjaga pandangannya tetap fokus
ke depan. Dalam tampilan mobil umumnya terfokus di area sekitar jarak ke
bemper.
2.
Eyebox
Mata
penggunanya hanya dapat melihat sementara tampilan 3 dimensi ke suatu daerah
yang disebut ‘Eyebox’. HUD Eyeboxes modern biasanya berjarak sekitar 6 inci.
Hal ini memungkinkan penggunanya bebas untuk menggerakkan kepala. Hal ini juga
memungkinkan pilot untuk melihat seluruh tampilan selama salah satu matanya
berada di dalam Eyebox.
3.
Terang / kontras
Faktor
ini menampilkan pencahayaan yang diatur berdasarkan kekontrasan untuk
memperhitungkan pencahayaan sekitarnya yang bisa saja sangat bervariasi.
4.
Menampilkan akurasi
HUD
haruslah dapat menampilkan komponen yang ditampilkan dengan sangat tepat atau
dalam dunia penerbangan disebut dengan boresighting. Atau dengan kata lain,
data yang ditampilkan harus sesuai dengan kenyataan dengan akurasi ± 7,0
milliradians. Bagi seorang pilot, instrumen yang akurat dapat membuat perbedaan
antara hidup atau mati. Tanpa acuan visual yang nyata, pilot kadang-kadang
perlu bergantung sepenuhnya pada informasi yang diberikan instrumen mereka
untuk memahami di mana mereka berada. Sementara terbang melewati awan atau di
malam hari, instrumen ini menjadi lebih penting, karena mereka menjadi
satu-satunya sumber informasi yang tersedia untuk pilot.
Kesimpulan
A
professional head-mounted display (HMD) - wikipedia.org
A
binocular head-mounted display (HMD) - wikipedia.org
Seperti
kebanyakan alat-alat elektronik berteknologi hi-tech lainnya, head-up display
dirancang untuk menjadi lebih kecil dan lebih ringan. MicroOptical berkerja
menuju model yang akan terlihat tidak jauh berbeda dengan sepasang kacamata
normal. Dalam waktu dekat, head-up display akan tersedia dalam konektivitas
wi-fi dan Bluetooth, sehingga memungkinkan pengguna untuk menjelajah web dan
mengecek email selagi bergerak. Juga akan ada perangkat yang akan menciptakan gambar-gambar
penuh warna terlihat lebih besar dari layar bioskop, yang berasal dari sebuah
alat kecil genggam atau perangkat yang memiliki layar kecil optik yang dapat
dipasangkan di kepala (head mounted display) atau tertanam pada sebuah helm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar