Komunikasi
adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang
lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam
situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap
atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang
diharapkan.
Komunikasi tidak
hanya dilakukan oleh dua belah pihak, terkadang komunikasi juga dilakukan
dengan banyak pihak.Antara satu pihak dengan banyak pihak atau sebaliknya.
Karena komunikasi merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang maka ada
aturan yang mengatur tentang komunikasi agar diharapkan dapat tercipta suatu
komunikasi yang berjalan dengan baik dan tidak kacau.
Menurut saya, aturan dalam berkomunikasi harus terdapat :
1.
Kendali : komunikasi
bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap
organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh
karyawan.
2.
Motivasi :
komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para
karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang
dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
3.
Pengungkapan
emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama
untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan
mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan
rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari
perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
4. Informasi : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu
dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan
menilai pilihan-pilihan alternatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar