Komunikasi
adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang
lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam
situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap
atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang
diharapkan.
Komunikasi tidak
hanya dilakukan oleh dua belah pihak, terkadang komunikasi juga dilakukan
dengan banyak pihak.Antara satu pihak dengan banyak pihak atau sebaliknya.
Karena komunikasi merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang maka ada
aturan yang mengatur tentang komunikasi agar diharapkan dapat tercipta suatu
komunikasi yang berjalan dengan baik dan tidak kacau.
Menurut saya, aturan dalam berkomunikasi harus terdapat :
1. Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku
anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis
panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
2. Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka
bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu
di bawah standar.
3. Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja
mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi
di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana
anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu
komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan
sosial.
4.
Informasi : komunikasi
memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil
keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan
alternatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar