Green Caramel Apples

Kamis, 30 Mei 2013

Tata Cara dan Aturan Etika Komunikasi


Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan.
Komunikasi tidak hanya dilakukan oleh dua belah pihak, terkadang komunikasi juga dilakukan dengan banyak pihak.Antara satu pihak dengan banyak pihak atau sebaliknya. Karena komunikasi merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang maka ada aturan yang mengatur tentang komunikasi agar diharapkan dapat tercipta suatu komunikasi yang berjalan dengan baik dan tidak kacau.
Menurut saya, aturan dalam berkomunikasi harus terdapat :
1.       Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

2.       Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.


3.       Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.

4.       Informasi : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar